Sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Assalamu’alaikum Wr wb.

Pertama-tama, atas nama segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya saya menyampaikan selamat datang di situs resmi UM Palangkaraya. Terimakasih telah berkunjung ke situs resmi umpalangkaraya.ac.id.

Sejak didirikan pada btahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”, UM Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dalam upaya untuk mencapai visi  tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri. Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya,  dan di sisi lain dimaksudkan  untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Pengunjung yang berbahagia,

Dalam hal posisi perguruan tinggi se Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan  Kemristekdikti yang direlease beberapa wwaktu lalu, saat ini UM Palangkaraya menempati rangking 280 dari 3.244 PTN/PTS se Indonesia. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se Kalimantan.

Saat ini, UM Palangkaraya juga merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang mencoba mencoba mengembangkan ddan mengkombinasikan konsep green campus dengan konsep Islamic campus. Hal ini dilakukan antara lain melalui pengembangan konsep Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘alamin, misalnya berusaha memupuk budaya toleransi, kebersamaan, dan kekeluargaan sesama sivitas akademika.

Pengembangan konsep-konsep Islam sebagai agama rahmat bagi sekalian alam, juga tampak dari capaian program green Islamic campus, yang antara lain telah berhasil membuat lingkungan kampus lebih hijau dan asri, menghemat penggunaan energi, dan meningkatkan nuansa pengamalan ajaran Islam seperti kebersihan, kekeluargaan, toleransi, dan kebersamaan. Sebagai buktinya, pada tahun 2016 lalu, UM Palangkaraya berhasil mendapatkan penghargaan dari Kopertis XI Kalimantan sebagai kampus paling bersih dan paling indah se Kalimantan Tengah. Semua itu merupakan bukti dari implementasi nilai-nilai Islam universal, Islam yang memberi rahmat bagi makhluk dan lingkungan sekitarnya.

Pengunjung yang berbahagia,

Dari sisi kualitas pendidikan dan pengajaran, UM Palangkaraya juga telah mencapai banyak kemajuan selama beberapa tahun terakhir ini. Kemajuan ini dapat dilihat dari beberapa indikator capaian antara lain  :

Meningkatnya akreditasi institusi, yakni menjadi B dengan skor 340. Skor ini merupakan skor tertinggi yang pernah dicapai oleh perguruan tinggi di Kalimantan.

Meningkatnya akreditasi program studi.

Semakin pendeknya rata-rata masa studi mahasiswa.

Meningkatnya rata-rata IPK kelulusan mahasiswa. Secara umum, IPK kelulusan mahaiswa pada masing-masing program studi mengalami peningkatan, dari 3,22 pada tahun lalu menjadi 3,50 pada tahun ini.

Meningkatnya kualifikasi dosen, yang antara lain dapat ddilihat dari peningkatan jumlah doktor secara signifikans.

 Dari sisi rasio dosen tetap terhadap mahasiswa, secara rata-rata kita telah mencapai rasio ideal 1: 22

Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, UM Palangkaraya juga telah melakukan kegiatan-kegiatan yang relevan, seperti riset-riset unggulan dan kompetitif, khususnya yang berbasis pada tanaman obat tradisional khas Kalimantan Tengah.  Dari sisi pendanaan penelitian, maka dana penelitian UM Palangkaraya juga mengalami peningkatan signifikans, khususnya dana penelitian yang dibiayai oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kenaikan-kenaikan tersebut juga diimbangi dengan peningkatan kualitas penelitian dosen, sehingga jumlah penelitian yang dapat masuk ke jurnal internasional juga bertambah. Demikian pula halnya dengan penemuan-penemuan baru yang berhasil dipatenkan oleh dosen.

Dalam bidang kerjasama, UM  Palangkaraya terus berupaya meng- optimalkan fungsi kerjasama yang telah ada, termasuk dengan beberapa lembaga dan perguruan tinggi luarnegeri. Hasilnya antara lain berbentuk pertukaran mahasiswa.  Sudah 5 angkatan mahasiswa kita melaksanakan KKN dan PPL di Thailand, sementara pihak Thailand telah mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk belajar di UM Palangkaraya. Sejak tahun 2017 juga telah direalisasikan kerjasama dengan kedutaan dan beberapa konsulat jenderal RI di Malaysia, sehingga mahasiswa UM Palangkaraya telah bisa memulai magang di tempat-tempat tersebut. Pada waktu yang akan datang, kerjasama ini akan terus diperluas terutama dalam bentuk magang mahasiswa di instansi pemerintah dan swasta di negara-negara ASEAN, ddan magang mahasiswa di beberapa perguruan tinggi Taiwan.

Kerjasama lainnya adalah dalam bentuk pertukaran dosen, penelitian bersama, dan kegiatan ilmiah bersama dengan NGO luarnegeri, terutama berkaitan dengan tema penyelamatan lingkungan dan hutan. 

Pengunjung yang berbahagia,

Semua capaian UM Palangkaraya, sudah barang tentu dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang optimal dan berkualitas, sehingga dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia, dalam mencapai tujuan pembangunan. Di sisi lain, peningkatan layanan dan kualitas pendidikan tinggi, akan membantu masyarakat internasional untuk mencapai program-program Suistanable Development Goal’s (SDG’s) sebagaimana telah dicanangkan oleh PBB.


Sekian, Semoga Tuhan memberkati kita. Wassalamu’alaikum Wr Wb.

 

R e k t o r,


Dr. Bulkani, M.Pd