Pengajar

Daftar Pengajar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Staf

Daftar Staf Universitas Muhammadiyah

Penerimaan Mahasiswa

Informasi Tentang Pendaftran Calon Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Kutipan Al-Qur'an

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yg berbuat baik."

(Q.S. Al A raf : 56)

Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ilmu Komputer

Akreditasi: C
E-mail: ilmukomputer@umpalangkaraya.ac.id
Fakultas: Teknik

A. Visi Program Studi Ilmu Komputer UM Palangkaraya

Pada Tahun 2022 menjadi Program Studi Ilmu Komputer yang Unggul dan Kompeten dalam Mengembangkan IPTEK yang Berlandaskan Syariat Islam.

Pernyataan Program Studi yang Unggul Dan Kompeten dimaksud adalah:

  1. Menjadi Program studi S1 Ilmu Komputer yang terbaik dan terdepan di wilayah Kalimantan Tengah dalam hal menyelenggarakan pendidikan.
  2. Menjadi salah satu Program Studi S1 Ilmu Komputer di Provinsi Kalimantan Tengah yang unggul dalam kualitas lulusannya dan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan teknik informatika.
  3. Menjadi Program Studi S1 Ilmu Komputer yang mencetak lulusan yang berkompeten dalam bidang pelayanan teknik informatika.
  4. Menjadi Program Studi S1 Ilmu Komputer yang mencetak lulusan yang mampu bersaing baik dalam kancah nasional maupun internasional sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  5. Menjadi Program Studi S1 Ilmu Komputer yang mampu melakukan berbagai macam inovasi dalam bidang informatika sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  6. Menjadi Program Studi S1 Ilmu Komputer yang dapat ikut berperan serta bersama pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengatasi permasalahan terutama dalam bidang informatika.

Pernyataan berlandaskan Syariat Islam yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Civitas akademik di Program Studi S1 Ilmu Komputer memiliki perilaku sesuai dengan prinsip-prinsip syariat islam yang antara lain ditunjukan dengan sifat dan sikap ketaatan mengamalkan ajaran agama, rajin beribadah, berakhlak mulia, serta memiliki sifat dan perilaku hidup bermasyarakat yang layak menjadi teladan;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki Iman dan Taqwa sesuai dengan prinsip-prinsip Syariat Islam.

B. Misi Program Studi Ilmu Komputer UM Palangkaraya

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menghasilkan Sarjana Ilmu Komputer yang kompeten, handal, mandiri, dan bermoral dengn meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi persaingan di tingkat nasional dan regional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan keterampilan bidang informatika.
  3. Menyelenggarakan pendidikan bidang informatika yang menghasilkan SDM yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

C.  Tujuan Program Studi Ilmu Komputer UM Palangkaraya

  1. Mengembangkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan handal.
  2. Menjadikan sarjana S1 Ilmu Komputer yang memiliki kompetensi untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dan doktor.
  3. Menghasilkan sarjana S1 Ilmu Komputer yang memiliki kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional dan regional.
  4. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak keilmuan dengan dilandasi wawasan Islami.
  5. Memahami dan mampu menggunakan hasil-hasil penelitian untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi  upaya-upaya kesehatan.
  6. Mengembangkan Program Studi S1 Ilmu Komputer sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi pengobatan masyarakat yang berwawasan Islami.

D. Profil Lulusan

Lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Program Studi TeknikInformatika/Ilmu Komputer diantaranya adalah industri atau perusahaan di bidang teknologi informasi, ataupun perusahaan, instansi pemerintah nasional dan internasional, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat serta lembaga lainnya yang mengadopsi teknologi informasi ataupun informatika. Lulusan juga dapat mengembangkan usaha mandiri sebagai technopreuner di bidang ilmu komputer atau melanjutkan pendidikan ke jenjang program Magister Sains atau Magister Profesi. Sarjana program studi Ilmu Komputer sangat berpotensi untuk menempati posisi pekerjaan strategis sebagai manifestasi pendidikan selama 4 tahun yang dapat membentuk kompetensi lulusan tingkat sarjana sesuai dengan KKNI level 6.

Profesi yang dapat diisi oleh lulusan sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki adalah : 

  1. Karyawan yang akan meniti karir dari level staf hingga tingkatan manajemen, baik di perusahaan maupun bentuk organisasi lainnya.
  2. Birokrat yang akan bekerja sebagai pegawai negeri atau  karyawan pemerintahan berdasarkan peranan dan fungsi  yang  telah didefinisikan  oleh negara baik ditingkat pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun lembaga kenegaraan lainnya.
  3. Wiraswastawan atau entrepreneur – yang akan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi yang dimiliki untuk membangun usaha mandiri atau menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
  4. Profesional – yang akan menjadi freelancer yang siap bekerja dalam format pekerjaan berbasis proyek atau program;
  5. Akdemisi - yang akan memfokuskan diri untuk menjadi pengajar, dosen, atau peneliti diberbagai institusi pendidikan tinggi yang melahirkan sarjana-sarjana baru; serta.
  6. Melanjutkan studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Magister Sains atau Magister Profesional) baik secara nasional maupun internasional untuk dapat mencapai kompetensi lulusan sesuai KKNI level 8.

E. Struktur Mata Kuliah

Untuk menyelesaikan  studi di program studi Ilmu Komputer UM Palangkaraya, mahasiswa diwajibkan  menempuh 148 sks mata kuliah . Tediri dari :

  • 127 sks wajib   Terdiri dari :15 sks mata kuliah wajib konsentrasi
    • 113 sks perkuliahan tatap muka
    • 12 sks non tatap muka (Kerja Praktek (KP) , Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Pada Industri (PKPI), Skripsi
    •  
  • 15 sks mata kuliah wajib konsentrasi

    Mahasiswa memilih salah satu konsentrasi peminatan yaitu

    • Teknologi Infomasi
    • Jaringan Komputer
    • Sistem Pakar
    • 6 sks mata kuliah pilihan

    Kerja Praktek

    Kerja  Praktek  dilaksanakan  secara  mandiri,  dan  mahasiswa dapat mengambil mata kuliah Kerja Praktek, bila mahasiswa tersebut telah menyelesaikan minimal 110 sks dengan IPK>=2.00, dan telah mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia dan Metodelogi Penelitian, serta  memenuhi  ketentuan  tentang  Kerja  Praktek  yang  ditentukan dalam   peraturan   tersendiri   oleh   Jurusan.   Materi   Kerja   Praktek membahas  topik-topik  yang  berhubungan  dengan  tempat     Kerja Praktek, baik di Perusahaan maupun Institusi pemerintahan maupun swasta. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan Kerja Praktek dibimbing oleh 1 dosen Pembimbing, mempresentasikan laporan kerja praktek dalam seminar yang dihadiri dosen pembimbing dan minimal 10 mahasiswa.

    Skripsi

    Mahasiswa dapat mengambil Skripsi, bila mahasiswa tersebut telah menyelesaikan minimal 135 sks dengan IPK>=2.00, dan telah mengikuti Kerja Praktek ataupun PKPI , serta memenuhi ketentuan tentang  Skripsi   yang  ditentukan  dalam  peraturan  tersendiri  oleh Jurusan.  Materi  Skripsi  membahas  topik-topik  yang  berhubungan object   penelitian Mahasiswa. Topik yang diambil harus disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan minat Konsentrasi mahasiswa. Mahasiswa  diwajibkan  membuat  laporan  Skripsi  dibimbing  oleh  2 dosen Pembimbing, kemudian mempresentasikan dalam ujian pendadaran dengan 3 dosen penguji.