Pengajar

Daftar Pengajar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Staf

Daftar Staf Universitas Muhammadiyah

Penerimaan Mahasiswa

Informasi Tentang Pendaftran Calon Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Kutipan Al-Qur'an

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yg berbuat baik."

(Q.S. Al A raf : 56)

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Akreditasi: B
E-mail: -
Fakultas: Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Visi

Pada tahun 2020 menjadi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul di Kalimantan dalam kompetensi pedagogik, profesional, sosial,  kepribadian dan teknologi yang dilandasi ketaqwaan kepada Allah SWT

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dalam mewujudkan guru  SD  yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial,  dan kepribadian yang dilandasi ketaqwaan kepada Allah SWT.

2. Mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu teknologi yang berkaitan dengan pendidikan.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sehingga  memiliki keunggulan kompetitif.

4. Membangun program studi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparansi, dan pencitraan publik.

5. Mengembangkan program studi sebagai lembaga gerakan dakwah amal ma’ruf nahi munkar

Deskripsi:

Program Studi PGSD FKIP UM Palangkaraya dengan jenjang Strata Satu (S1) berdiri sejak dikeluarnya Surat Keputusan Izin Oprasional program studi nomor 1927/D/T2007 tertangal 19 Juli 2007 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional RI. Seiring dengan perkembangan zaman, lembaga pendidikan dituntut meluluskan peserta didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi mutahir, memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam era gobalisai dan siap menghadapi persaingan. Jenjang pendidikan sekolah dasar perlu mendapat perhatian secara serius, karena pendidikan di SD merupakan landasan yang akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan pada jenjang berikutnya. Untuk itu pemerintah berupaya menata dalam rangka mengantisipasi peningkatan mutu pendidikan di SD. Walaupun peningkatan guru SD dapat di upayakan dari banyak aspek, tetapi ada indikasi bahwa agar guru SD lebih mampu memahami anak SD dan bewawasan luas, maka guru SD perlu ditingkatkan kualitasnya sampai pada jenjang strata satu. Program Studi PGSD FKIP UM Palangkaraya, berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015 mendapat Akreditasi “B”. Diharapkan dengan sudah terakriditasinya Prodi PGSD FKIP UM Palangkaraya ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme calon guru SD.

Kurikulum:

Kurikulum PGSD UM Palangkaraya selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan penerapan Kurikulum KKNI serta mengacu pada standar yang ditetapkan oleh HD-PGSD (Himpunan Dosen Pendidikan Sekolah Dasar). Beberapa program unggulan masuk dalam rangkaian matakuliah yang telah masuk dalam kurikulum PGSD UM Palangkaraya

Perkuliahan:

Perkuliahan di program studi PGSD FKIP UM Palangkaraya dilaksanakan dengan tatap muka yang dilaksanakan di dalam ruang kuliah atau kegiatan praktikum dilaksanakan di laboratorium. Untuk kegiatan perkuliahan tatap muka atau laboratorium dalam setiap semester ditetapkan sebanyak 16 pertemuan tatap muka permata kuliah.

Dengan fasilitas perkulian yang sangat representative dan dosen yang mengajar dengan memberikan materi yang inovatif dan menyenangkan serta perkuliahan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Maka Prodi PGSD FKIP UM Palangkaraya dapat mencetak calon guru SD sesuai dengan yang diharapkan yaitu menjadi guru professional yang beriman dan bertaqwa kepada Allah STW sesuai dengan visi dan misi prodi PGSD FKIP UM Palangkaraya.

Profil Lulusan:

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diarahkan dapat menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki kualifikasi lulusan yang profesional  yang mampu memahami dan menerapkan aspek pedagogis, serta mampu membangun hubungan sosial yang baik, memiliki kemampuan akademik, ilmu pengetahuan,  teknologi, seni dan budaya dan memiliki moralitas dan kedisiplinan yang beriman dan taqwa kepada Allah SWT,

Di samping itu pula lulusan program studi PGSD FKIP UM Palangkaraya dapat menjadi Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi   dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar, sebagai Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan  pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar serta sebagai praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai pembimbing,  pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Untuk lulusan program studi PGSD FKIP UM Palangkaraya menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Prospek kerja:

Lulusan Program studi PGSD memiliki peluang kerja yang tinggi terutama dibidang pendidikan. Guru Sekolah Dasar baik swasta ataupun negeri, Penyuluh, instruktur, Pegawai Bank, Perusahaan dan Pengembang Inovasi Pendidikan di SD, Pengawas pendidikan, konsultan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar serta berbagai Lembaga Pendidikan lainnya.