Pengajar

Daftar Pengajar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Staf

Daftar Staf Universitas Muhammadiyah

Penerimaan Mahasiswa

Informasi Tentang Pendaftran Calon Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Kutipan Al-Qur'an

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yg berbuat baik."

(Q.S. Al A raf : 56)

Teknik Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Teknik Lingkungan

Akreditasi: C
E-mail: tekling@umpalangkaraya.ac.id
Fakultas: Teknik

 

VISI dan MISI

PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA VISI

Pada tahun 2019 menjadi salah satu unggulan yang kompetitif di Kalimantan Tengah dalam bidang teknik lingkungan dengan mengedepankan Iman dan Taqwa (Imtaq).

MISI

1.  Menyelenggarakan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan sesuai dengan konsep Islam Rahmatan Lil’ Alamin

2.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, inovatif, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan khususnya pengelolaan hutan dan lahan rawa.

3.  Menyelenggarakan penelitian di bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan khususnya pengelolaan hutan dan lahan rawa.

4.  Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu langkah meminimalisir risiko lingkungan dengan mengacu pada falsafah huma betang dan NKRI.

TUJUAN

PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA TUJUAN

1.  Mewujudkan program studi dengan sumber daya manusia yang berkomitmen untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

2.  Menghasilkan lulusan yang menguasai teori, konsep, paradigma pengetahuan dan keterampilan dalam bidang rekayasa khususnya pengelolaan hutan dan lahan rawa secara professional.

3. Menghasilkan penelitian yang bermutu, inovatif, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan khususnya pengelolaan hutan dan lahan rawa.

4.  Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan manfaat dalam meminimalisir risiko lingkungan dengan  mengacu pada falsafah huma betang dan NKRI.

Deskripsi:

Program studi Teknik Lingkungan merupakan program studi yang berdiri pada tanggal 09 April 2015 dengan status terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Tegnologi Pendidikan   Tinggi   Republik   Indonesia   dengan   ijin   penyelenggaraan   Nomor   : 148/M/Kp/IV/2015.

Program studi Teknik Lingkungan merupakan Program Sarjana merupakan kelanjutan liniear Program Sarjana atau merupakan interaksi beberapa disiplin ilmu yang terbentuk sesuai dengan erkembangan ilmu pengetahuan atau tututan kebutuhan. Dengan demikian lulusan  program  magister  akan  mempunyai  kemampuan  lebih  dari  lulusan  sarjana terutama dalam hal berdaya cipta dalam bidangnya, melakukan sintesis serta mengambil kesimpulan  dari   suatu   kegiatan  penelitian  di   samping   kedalaman  dan   keluasan penguasaaan ilmunya.

Kurikulum:

Program studi Teknik Lingkungan memiliki kurikulum yang dapat mendukung peserta didik menjadi seorang Sarjana Teknik Lingkungan yang profesional, kompeten, mandiri, berlandaskan IPTEK, beriman dan bertaqwa dalam pekerjaan konstruksi. Mampu mengaplikasikan teknologi lingkungan yang inovatif untuk proses penyelidikan, analisis, interprestasi data, dan inovasi dalam mencegah dan menerapkan pengendalian limbah cair, padat, dan gas, serta K3 sebagai kompetensi tambahan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan berkelanjutan, faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.

Body Of Knowledge

Saat ini Teknik Lingkungan sebagai sebuah Disiplin Ilmu Teknik lebih banyak bergerak dalam :

1.   Penyediaan air yang baik dan layak bagi kebutuhan aktivitas manusia ditinjau dari sudut kualitas, kuantitas maupun kontinuitas.

2. Kontrol terhadap kemungkinan penyebaran penyakit dan pengelolaan kesehatan lingkungan, termasuk keselamatan dan kesehatan kerja (environmental health and safety).

3.  Upaya pengendalian pencemaran akibat limbah hasil aktivitas manusia, mulai dari sumber terjadinya pencemaran sampai limbah itu terbentuk, misalnya melalui pendekatan teknologi bersih (pollution prevention), atau daur-ulang limbah.

4. Teknologi pengendalian dan pengelolaan (management) limbah cair, gas, dan padat dalam upaya pengendalian akibat pencemar-annya terhadap media : tanah, air  dan udara, termasuk pemanfaatan dan dan pengembangan bioteknologi yang relevan.

5. Penyaluran limbah dan buangan yang terjadi, termasuk air hujan, agar tidak mengganggu lingkungan, serta agar dapat tertangani secara baik.

6.   Konservasi sumber-sumber daya air yang dapat diperluas dengan sumber daya alam.

7.   Pengelolaan lingkungan melalui upaya  sistem  manajemen lingkungan (environment system management).

8.   Penilaian  terhadap  dampak  negatif  yang  mungkin  terjadi  akibat  pencemaran lingkungan, termasuk disini pendekatan risk assessment baik sebagai health risk assessment.

Perkuliahan:

Proses pembelajaran pada Program studi Teknik Lingkungan selain berdasarkan pada teori di kelas, peserta didik juga diberikan praktikum langsung di lapangan dan di laboratorium menggunakan sarana dan prasarana yang telah memiliki spesifikasi yang sangat mendukung. Mekanisme penyusunan materi kuliah dan monitoring perkuliahan sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Profil Lulusan:

Program studi Teknik Sipil akan menghasilkan seorang Sarjana Teknik yang profesional, kompeten, mandiri, berlandaskan IPTEK, beriman dan bertaqwa dalam pekerjaan konstruksi. Para lulusan diharapkan :

1.  Mampu merancang bangun rekayasa di bidang Teknik Lingkungan yang meliputi pengelolaan air minum, air limbah, persampahan, dan drainase permukiman sebagai kompetensi utama.

2.  Mampu   mengaplikasikan   teknologi   lingkungan   yang   inovatif   untuk   proses penyelidikan, analisis, interprestasi data, dan inovasi dalam mencegah dan menerapkan pengendalian limbah cair, padat, dan gas, serta K3 sebagai kompetensi tambahan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan berkelanjutan, faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.

3.  Mampu   mengaplikasikan   teknologi   inovatif   dan   merancang   solusi   pemulihan lingkungan dari bahan pencemar yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah, rekayasa pemulihan, sesuai dengan bidang kelimuan teknik lingkungan.

Lulusan pada Program studi Teknik Sipil ini akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Prospek Kerja: Program studi Teknik Lingkungan memiliki prospek kerja yang sangat baik tidak hanya terbatas dalam bidang teknik lingkungan (BLH, Bappeda, dan lain sebagainya). Para lulusan pada  Program studi  Teknik  lingkungan ini  dapat  menjadi seorang  konsultan Amdal, kontraktor, dan tenaga profesional pada bidang konstruksi. Selain itu lulusan program  studi  teknik  lingkungan  bisa  berkarier  di  bidang  lain  semisal  perbankan, pendidikan, pertanian, hukum, wiraswasta dan lain sebagainya.

Fasilitas Akademik

- Ruang Kuliah

- Ruang Sidang dan Seminar

- Laboratorium

- Ruang Komputer dan Jaringan Internet

- Perpustakaan (Ruang Baca)

- Majalah/Jurnal Ilmiah

- Ruang Dosen

- Ruang Administrasi

Akreditasi atau Standar Kurikulum Acuan

Lembaga akreditasi yang yang diikuti oleh Program Studi Teknik Lingkungan secara nasional adalah yang diselenggarakan secara independen oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Indonesia. Sedangkan secara internasional, badan akreditasi yang dijadikan referensi dan acuan adalah Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang berpusat di Amerika Serikat. Organanisasi profesi yang akan diikuti secara nasional adalah Ikatan Ahli Teknik Penyehatan & Lingkungan Indonesia (IATPI) dan secara internasional yang dijadikan acuan adalah American Association of Environmental Engineer (AAEE).