Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling

Akreditasi: B
E-mail: -
Fakultas: Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Deskripsi:

Program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UM Palangkaraya merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di Perguruan Tinggi yang menghasilkan lulusan sarjana Bimbingan dan Konseling yang mampu bersaing dalam pengembangan, aplikasi ilmu dan profesi guna  memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kode etik profesi yang berkualitas, mandiri, berkarakter dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UM Palangkaraya dalam menekankan sistem pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk seorang konselor pendidikan. Dalam proses pembelajarannya menyeimbangkan antara kedalaman penguasaan ilmu pendidikan, psikologi, konseling, dan penguasaan metode pelayanan yang kreatif dan inovatif didukung keterampilan penggunaan teknologi informasi komunikasi.

Program Studi Bimbingan dan Konseling juga memberikan kompetensi keahlian khusus yaitu Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus, Bimbingan Dan Konseling Spiritual, Bimbingan Dan Konseling Keluarga dan Bimbingan dan Konseling Industri.

Gelar yang diperoleh mahasiswa Bimbingan Konseling adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling sebagian besar terserap di dunia pendidikan terutama menjadi Guru Bimbingan dan Konseling di tingkat SD, SMP/MTs, SMA/SMK.

Selain itu lulusan Bimbingan dan Konseling juga dapat memulai karir dengan bekerja di Lembaga Konseling, Tenaga Konselor di Pusat Rehabilitasi, Perusahaan Swasta, Asuransi, Bank, LSM, Komunitas, Jurnalis, Fasilitator dan Motivator, pelaku usaha mandiri/entrepreuneur.