Prestasi Mahasiswa UM Palangkaraya Tetap Bersinar di Tengah Pandemi

09 November 2020, kategori Berita hits 0

"Prestasi : Meski di tengah Pandemi, Mahasiswa UM Palangkaraya tetap semangat untuk menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional."

PALANGKA RAYA –  Meski saat ini Indonesia, termasuk di wilayah Bumi Tambun Bungai, Kalimantan Tengah dilanda pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tampaknya, tidak menyurutkan semangat para mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya untuk mengukir prestasi di kancah nasional. Adanya pandemi tidak menghalangi UM Palangkaraya untuk terus menorehkan prestasi. Baru-baru ini setidaknya terdapat 7 Mahasiswa UM Palangkaraya yang telah berhasil mengharumkan nama UM Palangkaraya di kancah Nasional.

Ketujuh mahasiswa ini menorehkan prestasi di dua ajang kompetisi yang berbeda. Kompetisi pertama yaitu Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah (KMM) dan Program Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Kompetisi kedua yaitu Lomba Pidato yang diselenggarakan oleh Genre Indonesia Kota Palangka Raya.

Pada kompetisi pertama ini, sebanyak 5 mahasiswa yang terbagi kedua tim berhasil meraih Juara 1 Kategori Business Plan dan Juara 2 Kategori Mesin UMKM Tepat Guna. Pada kategori Business Plan, mahasiswa UM Palangkaraya yang bernama Sellin Falentino dan Romi Pratama membawakan judul Maggot sebagai Sumber Pakan Hewan Budidaya di Era Covid-19. “Maggot adalah serangga yang bisa mengurai sampah organik dengan baik, sehingga dengan adanya pemanfaatan maggot akan memberikan keuntungan yang berlipat seperti berkurangnya sampah organik dan bermanfaat sebagai pakan”ujar Muh. Azhari, M,Si selaku Pembimbing bagi kedua mahasiswa Teknik Lingkungan ini.

Pada kategori Mesin UMKM Tepat Guna, mahasiswa UM Palangkaraya yang bernama M. Nur Husfin, Al Furkan, dan Ilham Sri Suncoro mengangkat judul Perancangan Palu Pegas. “Adanya ide ini semoga dapat menjadi inovasi tepat guna bagi UMKM”ujar Norseta Ajie Saputra, M.T. selaku Pembimbing bagi ketiga mahasiswa Teknik Sipil ini. Oleh Karena kelima mahasiswa dari kompetisi ini merupakan mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), maka secara khusus Dekan FTI, Rida Respati, M.T menyampaikan apresiasi kepada kelima mahasiswanya. “Semoga prestasi yang diraih oleh kelima mahasiswa kami dapat menjadi stimulus bagi seluruh mahasiswa UM Palangkaraya lainnya khususnya mahasiswa FTI untuk terus mengharumkan nama baik Fakultas dan Universitas”ujar Dekan FTI saat ditemui di Fakultas pada Rabu (4/11).

Selain kompetisi seperti yang disebutkan di atas, mahasiswa UM Palangkaraya juga menorehkan prestasi pada lomba Pidato yang diselenggarakan oleh Genre Indonesia Kota Palangkaraya. Pada ajang yang bertema “Generasi Berencana yang Berkualitas Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045” ini UM Palangkaraya berhasil memborong dua juara sekaligus, yaitu Juara 1 melalui Indah Raudatul Jannah dan Juara 3 melalui Hutri Maulida.

Prestasi yang ditorehkan oleh para mahasiswa UM Palangkaraya tersebut tentunya membuat Rektor UM Palangkaraya bangga. “Kami sangat mengapresiasi para prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa kita tersebut. Ini membuktikan bahwa kampus UM Palangkaraya merupakan kampus yang unggul dalam membangun prestasi khususnya prestasi para mahasiswa”ujar Dr. Sonedi, M.Pd selaku Rektor UM Palangkaraya. Rektor juga berpesan agar para mahasiswa jangan cepat berpuas diri dan tetap fokus untuk mencetak prestasi-prestasi membanggakan lainnya. (ap/my)

0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan kode diatas)