Bank Indonesia Lakukan Assesment Calon Perguruan Tinggi Penerima Beasiswa di UM Palangkaraya

29 Juni 2020, kategori Berita hits 0

"Via Zoom Meeting : Rektor UM Palangkaraya memberikan penjelasan pada saat proses assesment oleh Tim BI Pusat dan Kalimantan Tengah untuk Beasiswa Bank Indonesia"

PALANGKA RAYA –  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sebagai perguruan tinggi terbaik di Kalimantan Tengah diusulkan sebagai penerima program sosial Bank Indonesia (BI). Program sosial yang digulirkan berupa beasiswa untuk mahasiswa.

Sebagai tahapan usulan perguruan tinggi penerima beasiswa tersebut, tim BI Pusat dan Kantor Perwakilan BI Daerah Kalimantan Tengah melakukan assesment terhadap sejumlah aspek yang diperlukan dari UM Palangkaraya pada Jumat (26/6/2020) pagi.

Kegiatan assesment dilaksanakan secara daring yaitu menggunakan media Zoom Meeting. Saat assessment ini berlangsung pihak UM Palangkaraya dihadiri oleh pimpinan di Rektorat, Biro, Fakultas/Program Studi serta perwakilan mahasiswa.

Ketua tim Assesment BI Pusat Suwarto mengatakan bahwa program sosial BI dilakukan sebagai amanat DPR RI, dalam amanat itu BI tidak hanya mengurusi hal-hal yang bersifat moneter dan ekonomi. "BI juga menggerakan  sektor sosial dengan meningkatkan kehidupan sosial maka ekonomi akan terangkat khususnya peningkatan bidang pendidikan," ujar Suwarto.

Ia juga mengatakan sejak diusulkan tahun 2011 program pemberian beasiswa telah digulirkan awalnya diperuntukkan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri namun tahun 2018 pengaturan bantuan diperluas hingga mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta.

"Bagi perguruan tinggi yang dianggap layak mendapatkan beasiswa, kami akan beri kuota untuk 50 beasiswa. Dalam asseament ini kami akan klarifikasi terkait persyaratan administrasi kampus, mewawancarai mahasiswa calon penerimanya juga bebebrapa hal teknis lain," papar Suwarto.

Dalam assessment kali ini juga turut serta Bapak Yudo Herlambang selaku perwakilan BI untuk Kalimantan Tengah. Yudo mengemukakan bahwa Beasiswa Bank Indonesia ini untuk memotivasi mahasiswa untuk terus berprestasi. “Selain itu Beasiswa BI ini diharapkan mampu mengembangkan potensi para penerima beasiswa sehingga dapat menjadi frontliner, change agent, ataupun young leader di masa depan”, ujar Yudo pada Jumat (26/6)

Sementara itu Rektor UM Palangkaraya Dr. Sonedi, M.Pd mengatakan  pihaknya berharap kondisi dan potensi yang dimiliki kampusnya ini bisa memenuhi persyaratan berdasarkan penilaian Bank Indonesia sehingga penyaluran beasiswa BI bisa diterima mahasiswanya.

Rektor juga menambahkan dari sekian banyak Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan, hanya UM Palangkaraya yang mendapatkan kesempatan assesment dari pihak Bank Indonesia. “UM Palangkaraya juga merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki Prodi terbanyak se Kalimantan Tengah. Bahkan dengan jumlah 5.778 mahasiswa menjadikan UM Palangkaraya sebagai PTS dengan jumlah mahasiswa terbanyak se-Kalteng. UM Palangkaraya juga merupakan satu-satunya PTS yang memiliki Prodi terakreditasi A se-Kalimantan”, terang Dr. Sonedi, M.Pd. (ap/my)

0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan kode diatas)