Bahas Kualitas Pendidikan, FKIP UM Palangkaraya Selenggarakan Seminar Nasional

19 September 2018, kategori Fakultas hits 10176

""

Palangka Raya - Selasa tanggal 18 September 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya telah menyelenggarakan Workshop dan Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Peran Peneliti dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan Indonesia” bertempat di aula utama UM Palangkaraya. Adapun yang menjadi Keynote Speaker dalam seminar kali ini adalah Prof. Dr. Setya Yumana Sudikan, M.A  yang merupakan guru besar dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya dan pembicara utama lainnya yaitu Dr. Muhsyanur, M.Pd. Konsultan Pendidikan LPM Mojomacca dari Universitas Puangrimaggalatung Sengkang, Dr. Diplan, M.Pd (pakar ilmu pendidikan dan juga Dekan FKIP UM Palangkaraya) dan M. Andi Setyawan, M.Pd (peneliti dan dosen UM Palangkaraya)

Kemudian peserta yang mengikuti kegiatan seminar nasional  ini berjumlah sekitar 400 orang yang terdiri dari mahasiswa, guru-guru, dan dosen se Kalimantan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah yaitu Drs. H. Muhammad Yamin Mukhtar, Lc., M.Pd.I., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa guru dan dosen diharapkan rutin setiap semester melakukan suatu penelitian  yang nantinya hasil dari penelitian tersebut dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas.

“Guru dan dosen bida secara rutin setiap semesternya untuk melakukan penelitian terkait pendidikan pada era sekarang, yang nanti hasilnya bida digunakan untuk perkembangan pendidikan di Indonesia” ujar Pak Yamin

Beliau juga  menambahkan tujuan dari penelitian tersebut juga diharapkan terintegrasi dengan nilai-nilai agama sehingga dapat disampaikan pada saat kegiatan keagamaan.

Dalam sambutannya Dekan FKIP UM Palangkaraya Dr. Diplan, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan kali ini adalah salah satu agenda tahunan yang mana salah satu tujuannya adalah untuk menggapai pengakuan publik sebagai fakultas yang berkualitas dalam mencetak calon guru yang profesinal dimana Kualitas yang dimakasud adalah kualitas yang berimbang dalam seluruh bidang Tri Darma Perguruan Tinggi, dengan tetap mengedepankan karakter mulia dalam melaksanakannya.

Seminar nasional yang dilaksanakan kali ini tentu saja akan bermanfaat bagi pengembangan kualitas pendidikan. Pengembangan tersebut tentu saja baik ditinjau dari sisi materi, penelitian maupun teknologi pembelajarannya dan pembentukan karakter yang mencerminkan sifat- sifat pada ilmu pendidikan itu sendiri. Kita telah paham bahwa pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi akan dicapai manakala pemahaman terhadap ilmu dasarnya sangat memadai. Oleh karena itu penelitian Bidang Ilmu Pendidikan dan teknik pembelajaranya perlu dilakukan terus menerus agar aplikasi pada proses pembelajaran dapat dipahami oleh pembelajarnya. Seminar nasional ini harus mampu mendorong para guru dan dosen untuk melakukan penelitian dan mengembangkan suatu penelitian dalam bidang pendidikan, sehingga dapat di implementasikan di dalam kelas dan terapannya pada teknologi yang sesuai. Humas UM Palangkaraya

0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan kode diatas)