Lab Politik & Kebijakan Publik

LABORATORIUM KEBIJAKAN PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA
Alamat : Gedung UMP Lt. 2 Jl. RTA. Milono KM. 1,5 Palangka Raya
Telp/Fax. (0536) 3222184

 

Laboratorium Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya – dibentuk berdasar kesadaran para Civitas Akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, khususnya Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP ) untuk lebih mampu mempertajam proses edukasi yang diselenggarakan, sehingga output yang dihasilkan benar-benar merupakan jawaban atas berbagai masalah yang dihadapi di masyarakat. Disamping itu, memang sudah wáktunya bahwa proses pendidikan lebih membumi , dan keadaan ini telah dirumuskan oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan memasyarakatkan adanya proses pendidikan yang berbasis kompetensi.

Laboratorium Kebijakan Publik diarahkan untuk mewujudkan tuntutan-tuntutan sebagai berikut :

  1. Pada awal pembentukannya, kegiatan Laboratorium difokuskan pada Penyatuan Presepsi di kalangan akademisi tentang Kebijakan Publik yang bukan saja diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah tanpa kontrol dari akademisi melainkan keterlibatan akademisi dalam proses perumusan terbetuknya Kebijakan Publik itu sendiri. Pelaku-pelaku akademisi diajak untuk berfikir kritis dan seolah sebagai obyek dan subyek Kebijakan Publik sehingga akan mengaplikasikan dengan bidang studi sosial yang ditekuninya sehingga pada akhirnya akan peka dan tanggap terhadap gejala permasalahan-permasalahan sosial yang ada.
  2. Jangka Menengah dan panjang, Laboratorium bertekad untuk memperluas cakupan kegiatan yang bersifat riset dan kegiatan sosial lain yang mendukung, seperti pelaksanaan seminar, Kajian-kajiaan kebijakan publik, pelatihan dan workshop dengan melibatkan berbagai pihak dalam Univerrsitas Muhammadiyah Palangka Raya dan maupun pihak di luar Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
  3. Di bidang riset, Laboratorium lebih memfokuskan pada bidang Kebijakan Publik dan memposisikan sebagai konsultan atau Pembutan Naskah Akademik dalam proses pembuatan Peraturan – Peraturan, PERDA dan lainnya. Hal ini mempertimbangkan spesifikasi di Jurusan Ilmu Administrasi Publik serta ketersediaan sumber daya manusia yang dimiliki Laboratorium.

Gagasan adanya Laboratorium Kebijakan Publik yang ada sekarang merupakan rumusan yang dikembangkan oleh Akademisi Sosial dan Ilmu Politik disiplin Adminsitarasi Negara Salah satu isu penting yang berkembang adalah masalah “standarisasi pelayanan publik dan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap suatu layanan kepada masyarakat”.

Guna menjawab permasalahan di atas, Laboratorium membuka ruang untuk mengembangkan daya kreasi dan inovasi sekaligus mengantisipasi perubahan kebutuhan yang menyangkut publik dengan SDM yang dimiliki. Disamping itu, Laboratorium merupakan salah satu ujung tombak Fakultas Ilmu Administrasi untuk mengembangkan riset tentang masalah/isu Kebijakan dan Pelayanan Publik. Laboratorium memperkaya dan meinperkuat khasanah penelitian tentang implementasi dan evaluasi kebijakan; analisis pelayanan serta merancang standarisasi pelayanan publik dan berbagai lembaga penyedia pelayanan publik. Bidang yang ditelitipun beragam, mulai dari masalah Kebijakan Pemerintah, otonomi daerah dan sebagainya.

Harapan ke depan, Laboratorium ini akan menjadi pusat/induk pengembangan kebijakan dan pelayanan publik, terutama di bidang Pemerintahan dalam Pelayanan Kebijakan Publik serta pelayanan di sektor publik secara umum. Dengan semangat dan kerja keras dan semua anggota Laboratorium, maka Laboratorium siap menghadapi masa depan dengan lebih optimis sekaligus sebagai partner civitas Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan Pemerintah.

VlSI
Terbentuknya wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang berbasis pada masalah/isu kebijakan dan Pelayanan publik

MISI

  1. Mengembangkan dan menstimulasi kegiatan akademis dan penelitian yang berkaitan dengan kebijakan Publik dan Pelayanan publik.
  2. Menjalin terselenggaranya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi, baik di bidang akademik maupun pemerintahan guna memajukan ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya pada umumnya dan di Jurusan Ilmu Administrasi Negara fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada khususnya.
  3. Terselenggaranya fungsi pelayanan akademis yang ditujukan ke pengguna jasa dan fihak-fihak di dalam maupun di luar Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

TUJUAN

  1. Menampung ide dan masalah yang berkaitan dengan kebijakan dan manajemen publik untuk selanjutnya bisa diangkat untuk menjadi penelitian guna menemukan jawaban atas masalah.
  2. Mengembangkan sekaligus menyebarluaskan berbagai karya penelitian dan akademis yang muncul dan kegiatan Laboratorium menjadi karya yang bermanfaat untuk berbagai kalangan.
  3. Membangun dan mengembangkan kerjasama di bidang akademis dan penelitian dengan berbagai universitas, institusi pemerintah, lembaga baik dari dalam maupun luar negeri yang berkompeten dengan isu atau masalah kebijakan Publik
  4. Melayani kegiatan pratikum bagi para pengajar dan mahasiswa atau pihak luar untuk kegiatan akademik maupun penelitian.
  5. Menyusun program kegiatan serta mengusahakan tersedianya fasilitas laboratium guna memenuhi kebutuhan akan pengembangan akademik dan penelitian masalah kebijakan dan manajemen publik.

PROGRAM KEGIATAN

Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik mempunyai program kegiatan untuk jangka pendek, menengah atau panjang yang mana masing-masing dari program kerja ini wajib dievaluasi dan dipertanggungjawabkan secara berkala kepada Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammdiyah Palangka Raya, Penjabaran Program Kegiatan Laboratorium Kebijakan dan Manajemen Publik dapat dilihat pada tabel berikut.

PROGRAM KEGIATAN :

Berikut beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan  :

1. Penyususnan Naskah Akademik Pada Retribusi Akademik Perda Retribusi Kebersihan Pemko Nomor 09 Tahun 2011

2. Pelaksanaan Kegiatan Pemantau Pemilu Pada Tahun 2015

3. Penelitian Kajian dan Riset Pariwisata kejasama dengan Pemko Tahun 2017

4. Pelakanaan Kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2018

5. Pelaksanaan Kegiataan Pilpres Tahun 2019

 

Agenda Kegiatan yang akan dilaksanakan :

1. Tim Pemantau Luar Negeri

2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *