Rumah Tahanan Membuat Nyaman

Tak sedikit masyarkat yang terjerat kasus harus mendiami rutan atau rumah tahanan. ada yang beberapa hari, ada yang beberapa minggu, ada yang beberapa bulan bahkan tahunan. Rutan adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan di Indonesia.

Tersangka atau terdakwa yang terlalu lama berada di rutan, sudah terbiasa dengan kehidupan yang ada. bahkan tak jarang tahanan malah tidak mau keluar saat masa tahanannya habis. Berbagai alasan diungkapkan seperti kebingungan jika keluar dari rutan, takut susah mencari makan, takut tidak diterima keluarga, dll. Hal ini menjadi dilema bagi para aparat yang ada di rutan. Disisi lain juga merugikan negara lebih banyak jika hal tersebut banyak terjadi.

RUU Pemasyarakatan

RUU Pemasyarakatan ramai diperbincangkan, hal ini karena ada pemikiran baru mengenai fungsi pemidanaan yang tidak lagi sekedear penjaraan. Pemidanaan berarti suatu usaha rehabilitas dan reintgritas sosial pelanggar hukum telah melahirkan suatu sistem pelakuan yang sejak lebih dari empat puluh enam tahun lalu dikenal dan dinamakan sistem pemasyarakatan.

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi pada dassarnnya merupakan upaya yang dilakukan untuk pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap seluruh sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.

Baik permasalahan atau hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperharui. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Selain itu dengan sangat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Reformasi di sini merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga tidak termasuk upaya dan/atau tindakan yang bersifat radikal dan revolusioner.

Bahan Ajar Kebijakan Publik

Bagi Para mahasiswa yang mengambil mata kuliah kebijakan publik yang dosen pengampunnya saya, maka akan saya update berbagai bahan ajar di blog saya ini… Selamat Belajar…